Home » » KAMPANYE ANTI NARKOBA ON BLOGGER

KAMPANYE ANTI NARKOBA ON BLOGGER

Written By S.Nainggolan, A.Md on 08 April 2008 | Selasa, April 08, 2008

Penulis tertarik dengan ide seorang pengunjung Blog BNP Kalbar tentang Kampanye Anti Narkoba Blog To Blog (Komunitas Blogger). Istilah kerennya Blog To Blog Anti Drugs Campaign (kalau tidak salah).

Semula penulis pesimis dengan ide ini. Penulis berpikir, memangnya ada blogger yang pake narkoba?. Kemudian penulis berpikir lagi, wah boleh juga ide ini, kalau ditindak lanjuti. Penulis berpendapat ketika kita bicara pencegahan narkoba, berarti semua lapisan harus kita sentuh termasuk komunitas IT (entah mana yang benar IT atau TI) yang di dalamnya ada komunitas blogger.

Kita tahu bahwa komunitas blogger di Indonesia berkembang bak jamur dimusim hujan. Ribuan blog dibuat dengan tema yang berbeda dan latar belakang blogger yang berbeda pula. Berbagai sisi kehidupan ditulis oleh para blogger. Seiring bertumbuhnya situs blog ini, muncul pula perkumplan para blogger, sebut saja Pontianak Bloger Community, Bali Bloger Community, Jogya Bloger Community dan yang lainnya. Anehnya ketika penulis mengetikkan kata “blog anti narkoba” pada Mesin Pencari Google, tidak banyak blog yang membahas tentang narkoba.

Untuk itulah, penulis berharap suatu saat pihak terkait (salah satunya BNN) dapat menciptakan komunitas blogger anti narkoba. Lantas timbul pertanyaan, seberapa efektifkah cara ini dapat mencegah narkoba (istilah BNN aktif dalam P4GN)?.Seperti yang penulis utarakan di awal, blogger di Indonesia sudah mencapai angka puluh ribuan. Ini sangat efektif mengingat blog adalah media informasi yang terbuka untuk umum. Dapat dibaca oleh siapa saja.
Lalu dimana peran BNN, BNP / BNK ? Nah ini dia,

  1. BNN, BNP / BNK (yang paling mungkin BNN) dapat memfasilitasi para blogger dengan menciptakan forum komunitas blogger anti narkoba misalnya.
  2. BNN membuat link banner ikon, gambar, flash dll yang bertemakan anti narkoba, dengan tampilan yang menarik (kurang lebih seperti pembuatan sticker). Jadi para blogger dapat mengcopy code HTML/Java Script banner tersebut dan dipasang di blog mereka. Dari hasil pengamatan penulis seorang blogger senang memasang banner pada blognya, jika banner tersebut bagus dan menarik.
  3. BNN melalui situsnya www.bnn.go.id membuat RSS Feed dimana beritanya dapat dilink oleh blogger.
    Kira-kira seperti itulah ide penulis. Bagaimana, ada tanggapan??
    Maklum baru belajar menulis.
Share this article :

1 Tanggapan:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Berita Narkoba - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger